Friday, April 27, 2012

CARA MEMBUAT BAZOKA AIR


Terkadang ide itu akan datang secara tiba-tiba pada setiap orang yang selalu memikirkan apa yang akan di buat dengan keahlian dan kemampuan yang di miliki selama ini atau setelah melihat hasil karya orang lain yang sukses melakukan uji coba.


Demikian halnya dengan penulis, setelah berhasil membuat dan memposting CARA MEMBUAT PELUNCUR ROKET AIR PORTABLE DAN ROKET AIR  pada http://robotiksmansamtr.blogspot.com/2010/11/cara-membuat-peluncur-roket-air.html maka terbersit sebuah ide untuk membuat sebuah Bazoka yang dari hasil pengembangan roket air tersebut.

Adapun bahan tambahan yang di gunakan adalah :
1.      Pipa PVC besar
2.      Penutup piva PVC besar
3.      Tutup botol minyak rambut atau tutup sabun wings
4.      Botol handbody dengan tutupnya sebagai tempat pegangan tangan
5.      Botol air minum 600 mL

Cara pembuatan dari Bazoka Air ini sama persis dengan cara pembuatan peluncur Roket Air. Adapun jangkauan dari Bazoka Air ini bisa sampai 40 m bila dalam posisi baik dan sudah pernah penulis uji coba di rumah menggunakan Bazoka Air ini dan hasilnya sungguh menakutkan penulis karena seng rumah tetangga sampai berbunyi keras sekali dan itulah terakhir kali penulis menguji cobanya di rumah. Penulis kuatir bila tetangga sampai tahu penyebab sengnya berbunyi karena hasil uji coba Bazoka Air tersebut. Hehe

Bila ada yang ingin mencoba membuatnya dan masih merasa kesulitan, silahkan hubungi penulis di Jurusan TI  SMKN 3 MATARAM. (Alfuad Gapuki)


1 comment: